Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out
« »

23/05/10

Cashflow Kuadrannya Robert T.kiyosaki

23/05/10
Robert T.Kiyosaki dalam bukunya yang berjudul cashlow quadrant menjelaskan empat bagian yang dibagi dalam 2 quadrant.quadrant sebelah kiri dimana kita bekerja untuk uang dan quadrant yang kanan uang yang bekerja untuk kita.Didalam quadrant yang pertama dikatakan tidak aman E(employee) dan S(self employee),dan quadrant kanan adalah aman B(business owner) dan I(investor).
Berikut penjelasannya masing-masing quadrant ada dibawah ini :

  • EMPLOYEE(pekerja/karyawan)  adalah orang2 yang bekerja pada orang lain sebagai seorang karyawan. Seperti harapan orang tua kita dulu, “sekolah yang tinggi, cari pekerjaan yang bagus dan mapan”. Mungkin bagi banyak orang ini adalah posisi yang aman dalam hidup mereka, tetapi sebenarnya E adalah posisi yang paling tidak aman. Mengapa tidak aman? Karena kelangsungan hidup kita bukan ditangan kita sendiri, melainkan di tangan atasan kita. Lagian kita sering tidak punya waktu untuk berlibur dengan keluarga. Bahkan kadang hari minggu kita juga harus lembur dan selalu sibuk pada pekerjaan kita. Bayangkan kalau suatu hari tempat kita bekerja akan melakukan perampingan/ pengurangan karyawan / PHK. Jika pada saat itu kita masih muda, maka kita dapat mencari pekerjaan baru. Bagaimana jika kita sudah berumur 40 tahun+ & dipecat?.
  • SELF EMPLOYEE (bisinis perseorangan) : adalah bisnis yang ia kelola sendiri, seperti toko, dokter, konsultan, pengacara, artis, dll. Ini juga dikatakan belum aman. Mengapa? Karena dalam posisi ini kita masih harus tiap hari mengurusi bisnis kita. Dan ini juga menyebabkan kita tidak ada waktu yang santai dan selalu sibuk. Singkatnya, jika hari ini kita tidak bekerja maka kita tidak akan ada penghasilan. Contoh : Dokter. Jika dokter tidak praktek maka dia tidak akan ada penghasilan. Bayangkan jika anda sakit!? Jika anda sakit maka anda tidak bsa bekerja, dan otomatis anda tidak akan ada penghasilan. Dan jika sakit seminggu (bukan ngedoain), maka dalam seminggu anda tidak akan ada penghasilan seperserpun.
  • BISINIS(bisnis owner/pemilik bisnis) :adalah suatu bisnis yang sudah mempunyai sistem yang kuat sehingga kita tidak perlu bekerja setiap hari. Semuanya sudah dilakukan oleh sistem yang dibuat. Jika kita sudah mencapai posisi ini kita tidak perlu kerja setiap hari, dan kita akan mempunyai waktu luang yang banyak dan bisa bersantai atau pun menemani keluarga. Keuntungan dalam B adalah walaupun kita tidak bekerja selama seminggu, kita tetap akan menghasilkan uang. Mengapa? Karena sistem! Contoh Business Owner yang paling baik adalah Mc Donald. Pernahkah anda memperhatikan cara kerja Mc Donald? Dalam perusahaan tersebut telah terdapat banyak bagian, dan setiap bagian mempunyai tugas-tugas tertentu yang saling terkait dan saling mendukung. Apakah pemilik perusahaan ikut terjun disana? Tentu tidak, karena pekerjaannya sudah dilakukan oleh orang lain dengan sistem yang dia ciptakan.
  • INVESTOR : adalah penanam modal. Ini adalah tempat yang paling aman dan paling santai. Tetapi untuk mencapai posisi ini diperlukan pengalaman yang hebat dalam melihat peluang. Kebanyakan yang sudah mencapai posisi ini sudah pernah menjadi Business Owner/ pemilik bisnis, atau bahkan dijalankan I dan B secara bersamaan. Keuntungan I adalah, kita tidak perlu membuat sistem yang memeras otak lagi, kita cukup melihat peluang yang bisa menghasilkan uang dan menanam modal saja kepada suatu perusahaan.
Inilah keempat bagian dalam hidup ini. Anda lebih suka di kuadran kiri (E dan S) atau kuadran kanan (B dan I)? Masing-masing mempunyai pengorbanan tertentu. Kesimpulan singkatnya adalah, misalnya anda sekarang sebagai E. Tabung penghasilan anda kemudian dengan perlahan menjadi S. Setelah menjadi S, buat sebuah sistem yang bagus dan perlahan menjadi B. Setelah berhasil menjadi B maka mulailah menjadi I. Ini hanya kesimpulan singkat saja, untuk melakukan semua hal diatas tidaklah mudah dan memerlukan proses yang panjang. Solusi untuk menghindari kemacetan adalah memperlebar sebuah jalan, dan pada saat perluasan jalan akan semakin macet namun itu sementara, begitu pun hidup kita, apakah kita biarkan dompet ini macet terus? atau kita buat macet yang sangat macet namun untuk sementara..!!!


Teruslah berjuang dengan niat dan kerja keras yang tertanam dalam diri anda.Apapun profesi anda saat ini tentunya tidak ada yang tidak menginginkan kesejahteraan.Buku karangan Robert T.Kiyosaki diatas hanya membuat sebuah gambaran saja.karena dalam ajaran agama kita memang tidak ada penjelasan kita harus berada dalam kuadrant yang mana.SELAMAT BEKERJA,SUKSES BUAT ANDA DAN SAYA!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 

Sahabat Carexs

wibiya widget

Laman

Recent post